Iqbaal Ramadhan jadi Minke di film Bumi Manusia

Actor pemeran Dilan yang fenomenal itu akan kembali hadir di layar lebar lewat film adaptasi novel karya sastrawan legendaries Pramoedya Ananta Tour, Bumi Manusia. Sang sutradara, Hanung Bramantyo ternyata mempunyai alasan tersendiri mengapa memilih Iqbaal untuk tokoh utama tersebut, ia mengatakan karena kesamaan usia antara Iqbaal dan Minke, yaitu 20 tahun. Pada novelnya penulis membicarakan tentang gejolak jiwa muda di tahun 1900-an yang cocok sekali diperankan Iqbaal.

 

Synopsis singkat film Bumi Manusia

Novel ini menceritakan tokoh Minke yang juga tumbuh dewasa bersamaan dengan sejarah perjuangan Negara kita merebut kemerdekaan. Minke memang mewakili Indonesia muda pada masanya sehingga mendapuk actor yang juga masih berusia muda dirasa akan lebih mudah menghidupkan karakter tersebut. Tentu saja Minke juga mengalami gejolak yang terjadi sebagaimana remaja seumur Iqbaal. Minke sendiri pada novel tersebut digambarkan oleh Pram sebagai pemuda  Jawa yang cemerlang sehingga dapat bersekolah di HBS yang  umumnya hanya untuk siswa-siswa keturunan Eropa.

 

Dengan latar belakang era pemerintahan VOC, Minke adalah pemuda berpandangan terbuka dan kritis yang berani menentang siapa pun yang menyandera hak-hak bangsanya. Di sekolah kepandaian Minke pun menonjol ditambah lagi kepandaiannya dalam menulis yang membuat guru-guru Eropanya takjub. Inilah sebabnya siswa-siswa Eropa lain di sekolah HBS itu banyak yang tak suka kepadanya, walaupun tidak demikian dengan para siswinya. Sebagai orang Jawa, Minke juga merasa bahwa tradisi nenek moyangnya terlalu kolot dan menghalangi ruang gerak para pemuda seperti dirinya.

 

Selain mantan personel Coboy Junior itu, film Bumi Manusia juga dibintangi oleh sederet artis watak senior, seperti Donny Damara, pemain teater Ine Febriyanti, dan Ayu Laksmi. Tak ketinggalan aktris cantik Mawar Eva de Jongh yang berperan sebagai Annelies pada film ini. Untuk proses syuting film ini dimulai pada bulan Juli 2018 di Studio Alam Gamplong Yogyakara, Semarang, juga di Negara Belanda.

 

Pendapat Iqbaal tentang Minke

Setelah sukses memerankan Dilan yang juga merupakan film adaptasi novel, kali ini ia berupaya menghidupkan karakter Minke dalam film Bumi Manusia. Bukan hal yang mudah, namun menurut Iqbaal pengalamannya menuntut ilmu di Amerika Serikat selama dua tahun membantunya untuk mendalami peran ini. Selama studi ia berusaha mengambil contoh-contoh yang baik dari masyarakat barat tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai orang Indonesia.

 

Walaupun perannya juga cukup menantang tapi Iqbaal mengaku dirinya sangat bersemangat. Film bandar togel sgp ini menuntutnya untuk belajar bahasa Belanda dan Jawa yang dirasa cukup sulit mengingat Iqbaal adalah orang Sunda. Namun ia bertekad untuk mengerjakan “PR” tersebut sebaik-baiknya. Sebagai pemuda milenial uniknya Iqbaal justru merasa mempunyai kedekatan karakter dengan tokoh utama tersebut. Ia sendiri menginterpretasikan Minke sebagai sosok yang pemberani terutama dalam mempertahankan hak-nya, termasuk menentang budaya nenek moyangnya, dan ia juga sosok yang kharismatik lagi dewasa.

 

Selain belajar bahasa Jawa dan Belanda, agar lebih sempurna memerankan tokoh tersebut, Iqbaal juga dituntut untuk menumbuhkan kumis serta menaikkan berat badannya. Saat ini ia mengaku tengah mencari resep yang paling manjur untuk membuat kumisnya tumbuh subur. Tapi bila waktunya tak mencukupi ia berharap bisa mengandalkan make up yang terlihat realistis. Konon pada tahun 1900-an kumis pada anak muda bisa dibilang trend. Berkaitan dengan berat badannya Iqbaal menargetkan beratnya bisa mencapai hingga 70 kg, yang artinya kurang 10 kg.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *