Museum Mulai Dilirik Sebagai Destinasi Wisata Oleh Anak Muda

Astari (26) ingin tahu dan berniat berkunjung secara langsung ke Museum Macan setelah melihat banyak foto-foto instalasi karya seni yang diunggah ke social media Instagram. Salah satu yang menjadi favoritnya adalah infinity room dan instalasi karya seniman asal Jepang, Yayoi Kusama bertajuk Brilliance of the Souls. Lebih jauh ia mengatakan karena penasaran setelah melihat di Instagram bahwa foto-foto dari Museum Macan ini sangat hits sekaligus ingin tahu lebih banyak tentang seni kontemporer. Menurut Astari seni instalasi adalah sesuatu yang keren.

 

Museum berkonsep modern dan kekinian

Penyanyi bandar togel hongkong sekaligus aktris film Bunga Citra Lestari juga turut bergabung bersama para pengunjung pada pembukaan pameran Yayoi Kusama di Museum Macan. Menurut selebriti yang akrab disapa BCL itu Museum Macan sukses merancang konsep yang unik dan lain daripada yang lain sehingga anak-anak muda pun tertarik untuk berkunjung. Masih menurut BCL, yang menarik dari museum tersebut bukan hanya instalasi seni karya Yayoi Kusama yang dominan bermotif polkadot  tetapi juga ambience yang nyaman dari museum termasuk galerinya yang cukup luas.

 

Lebih lanjut BCL mengatakan bahwa museum tak lagi hanya sekedar menyaksikan karya seni tapi sekaligus menjadi tempat bersosialisasi dengan orang lain. BCL sendiri mengaku saat berada di luar negeri ia juga kerap berkunjung ke berbagai museum. Tapi karena di Jakarta sudah ada Museum Macan  sekarang ia sudah tak perlu lagi mengunjungi museum di mancanegara. Museum Macan saat ini memang menjadi destinasi wisata yang hits dan  BCL berharap bahwa masyarakat di luar Jakarta juga bisa hadir untuk menyaksikan museum tersebut.

 

Meskipun beberapa orang sudah menuntaskan keingintahuan mereka akan museum ini, tetapi tak sedikit pula masyarakat yang belum sempat hadir. Salah satunya adalah Inge (26) karyawan swasta yang asli dari Yogyakarta ini ingin berkunjung karena orang-orang mengatakan bahwa Museum Macan serupa dengan Jogart. Hanya bedanya yang dipamerkan juga termasuk koleksi pribadi. Satu hal lagi  yang membuat Inge semakin ingin tahu adalah spot-spot foto Instagramable yang pasti diburu mereka yang hobby berselfie. Apalagi ia juga mendengar bahwa tiket masuk Museum Macan harus dibooking jauh-jauh hari agar tak sampai kehabisan.

 

Secara umum Museum Macan berkonsep kontemporer dan modern yang seketika mengubah image museum yang biasanya kuno, membosankan, dan sebagai tempat belajar. Kemudian untuk masyarakat  awam, niat untuk berkunjung ke museum ini lebih karena ingin foto-foto dan diunggah ke social media.

 

Daftar museum dan art gallery di Jakarta yang bisa menjadi referensi Anda

Selain Museum Macan inilah daftar berbagai art gallery serta museum yang juga layak untuk Anda kunjungi karena sangat Instagramable.

  1. Art: 1 New Museum – Museum ini menyimpan lebih dari 2500 karya seni dan pernah menyabet penghargaan sebagai The Best Gallery of the Year. Koleksi yang berfokus pada seni kontemporer ini juga menyimpan buah karya para seniman legendaries Indonesia.
  2. Galeri Indonesia Kaya – Inilah tempat yang tepat untuk mempelajari budaya Indonesia yang beragam.
  3. Biasa Artspace – Didirikan dengan tujuan awal mempertemukan seniman dari Bali  dan Jawa hingga padaperkembangannya menjadi tempat berinteraksi serta kolaboraasi antar seniman bahkan hingga mancanegara.
  4. Ruang Rupa – Inilah satu-satunya galeri yang memiliki radio, yaitu Ruru Radio yang merupakan stasiun radio seni kontemporer.
  5. Galeri Hadiprana – Pendiri galeri ini adalah Hendra Hadiprana yang sangat unik karena dinding-dindingnya merupakan tembok portable yang bisa dipindah-pindahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *